politik

Budi Gunadi Kini Jadi Jadi Menkes

Budi Gunadi Kini Jadi Jadi Menkes – Presiden Joko Widodo mendapuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Sebelum menggawangi bidang kebugaran Budi lebih banyak dikenal bersama dengan rekam jejak panjang di sektor perekonomian.

Budi Gunadi Kini Jadi Jadi Menkes

budi-gunadi-kini-jadi-jadi-menkes

Budi merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan Fisika Nuklir angkatan 1983. Ia mengawali karier di dunia profesional bersama dengan bekerja di perusahaan teknologi dan Info IBM pada 1988 hingga 1994.

Pada 1994, ia pindah bekerja ke Bank Bali. Budi berkarier selama lima th. di Bank Bali sebagai Chief General Manager.

Pengalaman di Bank Bali mengakses jalur karier Budi di dunia perbankan. Ia tercatat pernah bekerja untuk ABN Amro Bank pada 1999-2004 dan Bank Danamon Indonesia pada 2004-2006.

Pria kelahiran 1964 itu mulai menginjakkan kaki di perusahaan pelat merah pada 2006. Ia menjabat Direktur Micro & Retail Banking PT Bank Mandiri Tbk selama enam tahun. Kemudian Budi diangkat jadi Direktur Utama Bank Mandiri pada 2013-2016.

Budi sempat menjabat Staf Khusus Menteri BUMN pada kurun 2016-2017. Kemudian ia ulang mengasuh BUMN bersama dengan berhimpun bersama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Ia menjabat Komisaris Utama Inalum selama sebagian bulan. Lalu pada September 2017, Budi diangkat sebagai Direktur Utama PT Inalum (Persero) hingga 2019.

Langkah terbesar Inalum di bawah kepemimpinan Budi Gunadi adalah mengakuisisi PT Freeport Indonesia. Inalum membayar US$3,85 miliar untuk menguasai 51,23 persen saham Freeport.

Kemudian pada 25 Oktober 2019, Jokowi mempercayakan Budi untuk jadi Wakil Menteri BUMN. Ia diminta mendampingi Erick Thohir yang dua hari di awalnya ditunjuk jadi Menteri BUMN.

Saat ini, Budi duduk di kursi menteri kesehatan. Ia menukar Terawan Agus Putranto yang telah menempati jabatan itu selama 1 th. 2 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *