priyo-klaim-yasonna-akui-legalitas-partai-berkarya-kubu-tommy
politik

Priyo Klaim Yasonna Akui Legalitas Partai Berkarya Kubu Tommy

Priyo Klaim Yasonna Akui Legalitas Partai Berkarya Kubu Tommy – Sekjen Partai Berkarya kubu Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, Priyo Budi Santoso mengklaim Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akan mengembalikan legalitas kepengurusan yang sah di bawah kepemimpinan Tommy Soeharto.

Priyo Klaim Yasonna Akui Legalitas Partai Berkarya Kubu Tommy

priyo-klaim-yasonna-akui-legalitas-partai-berkarya-kubu-tommy

tomaslofgren – Surat Keputusan (SK) Kemenkumham yang berlaku selagi ini masih mengakui kepemimpinan Ketua Umum Partai Berkarya yang sah dipegang oleh Muchdi Pr.

“Dalam perkembangannya, dari percakapan terakhir, kita berterima kasih atas respons baru yang simpatik dari Menkumham, Pak Yasonna Laoly,” kata Priyo didalam keterangan resminya, Jumat (5/2).

Kami apresiasi respons positif beliau untuk mengembalikan legalitas kepemimpinan partai kepada yang berhak atas basic keadilan, keadaban dan kepatutan,” ucap Priyo menambahkan.

Partai Berkarya sempat dirundung konflik internal selepas Pilpres 2019 lalu. Kala itu, kepengurusan Berkarya terpecah menjadi dua kubu: kubu Tommy Soeharto dan kubu Muchdi Pr.

Baik Tommy maupun Muchdi lantas mengklaim berstatus sebagai Ketum yang sah. Kemudian, kepengurusan Muchdi Pr yang dianggap dan beroleh SK kepengurusan yang sah dari Kemenkumham.

Lebih lanjut, Priyo menuding pecahnya kepengurusan Partai Berkarya gara-gara ulah dari Sekjen Partai Berkarya kubu Muchdi Pr, Badaruddin Andi Picunang. Ia menilai Picunang sebagai politikus yang lihai memanipulasi fakta supaya gelaran Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) mencukupi kuorum.

Munaslub Partai Berkarya yang digelar terhadap Juli 2020 lalu melengserkan Tommy Soeharto dari jabatan Ketum dan menentukan Muchdi sebagai ketua baru.

“Padahal didalam AD/ART disyaratkan Munas penggantian Ketum perlu persetujuan 2/3 DPW dan DPD se-Indonesia. Faktanya 32 DPW Propinsi dan mayoritas keseluruhan DPD Kabupaten/Kota sampaikan pemberian loyalitas kepada Tommy,” tutur dia.

Keanehan tak sampai di situ, Priyo mengaku heran Yasonna Laoly justru mengeluarkan SK kubu Muchdi Pr dan Badaruddin Andi Picunang sebagai kepengurusan Berkarya yang sah.

Ia bahkan menduga terdapatnya keterlibatan pejabat oknum penguasa sampai SK pengesahan Muchdi Pr itu sanggup dikeluarkan.

“Kesaksian beberapa pengurus memperlihatkan terdapatnya keterlibatan pejabat tinggi yang berkuasa ke Kemenkumham supaya nampak SK tersebut,” ucap Priyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *