reshuffle-kabinet-dan-balas-jasa-jokowi-ke-gerbong-pendukung
politik

Reshuffle Kabinet dan Balas Jasa Jokowi ke Gerbong Pendukung

Reshuffle Kabinet dan Balas Jasa Jokowi ke Gerbong Pendukung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk sejumlah nama menjadi menteri baru Kabinet Indonesia Maju. Nama-nama seperti Tri Rismaharini, Sandiaga Uno, sampai Yaqut Cholil Qoumas dinilai menjadi bukti balas jasa Jokowi ke gerbong pendukung.

Reshuffle Kabinet dan Balas Jasa Jokowi ke Gerbong Pendukung

reshuffle-kabinet-dan-balas-jasa-jokowi-ke-gerbong-pendukung

Sebanyak 6 berasal dari 38 kursi menteri di pemerintahan dirombak Jokowi. Akan tetapi tidak satu pun bagian partai politik yang berkurang, justru bagian PKB bertambah.

Kursi menteri perdagangan selalu digenggam PKB dengan menempatkan pebisnis Muhammad Luthi, yang diklaim sebagai kader. Jatah PKB jadi tambah sesudah

Posisi menteri kelautan dan perikanan yang mula-mula milik Gerindra kini ditempati ketua relawan Jokowi, Sakti Wahyu Trenggono. Namun Gerindra mendapat kursi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terpilihnya Sandiaga Uno.

Menteri kesehatan yang berasal dari awal tidak dijabat petugas partai, kini ditempati bankir Budi Gunadi Sadikin. Sementara kursi menteri sosial selalu milik PDIP sesudah Tri Rismaharini ditunjuk menggantikan Juliari.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo menilai komposisi menteri baru Jokowi diwarnai politik balas budi. Jokowi dinilai sedang berikan bagian kepada para pendukungnya.

Misalnya nama Yaqut di kementerian agama. Yaqut adalah politikus PKB. Ia termasuk warga nahdliyin yang menjabat Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, organisasi sayap PBNU.

“Gus Yaqut ya kita sadar kemungkinan itu balas jasa ke NU dan ke PKB gara-gara NU-PKB jatahnya sedikit kemarin. Juga ada kaitannya dengan ramai-ramai FPI. Dengan ini, posisi NU ada di atas FPI dalam polarisasi berbasis identitas agama,

Kunto termasuk menyoroti nama Trenggono. Ia menilai Jokowi inginkan membalas jasa kepada Sang Raja Menara gara-gara telah memimpin gerbong relawan pas Pilpres 2019.

Sementara itu, penunjukan Risma berkenaan dengan jasa PDIP. Jokowi dianggap sedang berikan panggung politik bagi Ketua DPP PDIP itu.

“Risma kemungkinan dipersiapkan 2024 gara-gara popularitasnya tinggi. Ini (jabatan menteri) dapat berikan panggung politik bagi Risma sesudah selesai berasal dari Wali Kota Surabaya,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo berpendapat penunjukan Sandiaga termasuk berbau politik balas budi.

Meski begitu, Sandiaga memiliki rekam jejak yang mumpuni sebagai pebisnis dan politikus. Sehingga Sandi sesungguhnya diperlukan Jokowi untuk mendongkrak sektor pariwisata usai pandemi.

“Beberapa sesungguhnya mengindikasikan ini politik balas budi, terlebih di KKP, mensos dan parekraf. Namun kita termasuk kudu memperhatikan di samping politik balas budi, kapasitas beliau-beliau ini,

Wasisto menyoroti pos kementerian kesehatan. Menurutnya, penunjukan Budi Gunadi dapat membawa dampak pertanyaan besar di publik.

Latar belakang Budi benar-benar minim bersentuhan dengan dunia medis. Sementara ia dapat menduduki kursi menteri yang menanggulangi bidang kesehatan, bahkan di jaman pandemi.

“Apakah dengan latar belakang beliau yang lebih banyak di dunia perbankan dapat bersinergi dengan dunia kesehatan?” kata Wasisto.

Wasisto mengatakan reshuffle menteri kali ini dapat membawa efek baik bagi Jokowi. Menurutnya, keyakinan publik tergerus dalam beberapa pas paling akhir gara-gara penanganan pandemi yang buruk, masalah demokrasi, sampai korupsi dua menteri.

Pemilihan nama-nama populer, kata Wasisto, sebagai jalan terlihat Jokowi berasal dari situasi tersebut. Menurutnya, tidak cuman melayani keinginan partai pendukung, perombakan kabinet yang dilaksanakan Jokowi termasuk untuk melayani keinginan publik.

“Kalau cii-ciri menteri populis seperti menag dan mensos ini aku pikir dapat mengkatrol kembali performa presiden. Kita sadar Yaqut memiliki basis massa, memiliki Banser di belakangnya. Risma kita sadar cukup memiliki atensi positif di area publik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *